Kurikulum 2013 – Pro & Kontra

Saat ini negara kita sedang dilanda media mengenai Uji Publik Kurikulum 2013 (saya tidak akan membahas detail tentang itu, silakan merujuk ke: http://kemdikbud.go.id, disana sudah lengkap saya pikir).

Namun yg perlu saia ungkapkan disini, mari kita sikapi semunya dengan pikiran positif & kritis (berfikir dulu baru ngomong, jgn ngomong dulu baru berfikir apa maknanya yg saya ucapkan tadi ???)… Indonesia ini biar semua isinya Profesor tetapi jika jalan masing-masing maka Pendidikan kita tidak akan maju2, malah yg ada ratenya hancur dimata Internasional.

Pro & kontra pasti selalu terjadi karena itu adalah bagian dari proses tp itu bukanlah bagian akhir, kita yg di lingkungan Kemdikbud terutama (baik mulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK, PT, LPMP, Diknas Prop/Kab/Kota, Pusat2 Pend, dst) ingat bahwa ada yg namanya: Completed Staff Work.

Ada juga yg beranggapan atau berfikiran: smp ya smp, sma ya sma, diknas ya diknas, univ ya univ, lpmp ya lpmp, kita di akademik mereka di birokrasi, dst) yg ditonjolkan adalah perbedaan dan bukan persamaan (Kata Founding Father kita: Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri).

Completed Staff Work yakni Anda bertanggung jawab menuliskan rekomendasi-rekomdasi/pemikiran kepada atasan Anda dimanapun berada (tugas Anda cuma sampai disana titik). Perkara rekomendasi yg Anda tulis diterima atau ditolak itu tergantung dari proses review yg telah dilakukan, kemudian dipikirkan secara matang, lalu dibuatlah keputusan oleh yg ditujuk sebagai Pembuat Kebijakan.

Nasehatnya Pak. Ds Bagiono kpd saia: Perkara usul kita diterima atau tidak, kamu tidak boleh sakit hati Nang (sambil senyum), kamu harus puas dengan keputusan yg telah diberikan, tugasmu adalah memberikan rekomendasi & sudah menjalankan yg namanya “Completed Staff Work”, cuma sampai disitu. (saia mendapatkan 2 SKS waktu itu yg tentunya tidak akan kita dapatkan di lingkungan Univ, bahkan di wall-fb ini silahkan absen siapa yg baru dengar hari ini mengenai: “Completed Staff Work” atau Bahasa Indonesianya “Pekerjaan Staf Paripurna”.

(tentu saja yg ngk tw protokol2 sepeti ini, akan protes krn usulnya mungkin tidak diterima, bahkan ada yg minta supaya Atasannya diganti, ada yg bilang bosnya keras kepala, bodoh, takut/pengecut, kuno, bubarkan lembaganya, bosnya arogan (memaksakan kehendak), dst. Sadar atau tidak sadar, masih banyak lho di negeri kita setaf/pekerja yg seperti ini.

CMIIW Pak Karyana

Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi kita semua, untuk perbaikan dimasa yad.

 

Surakarta, 11 Januari 2013.
Pukul 04:08 AM

Posted on 11 January, 2013, in Daily 2013. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: