Situasi di Bandara Vnukovo Pukul 12:30 Siang, Waktu Moscow

Karena penerbangan jarak dekat dari Turki maka mendaratlah di Bandara Vnukovo. Bandaranya sangat sepi dan saya pun langsung menuju ke Pasport Control, ditanya petugasnya tujuan kemana saya langsung bilang ke Saint Petersburg State University untuk kuliah Aspirantura disana. Beberapa saat kemudian petugas tersebut meminta saya menunggu sebentar untuk dikonfirmasikan (maybe ke pihak kampus, ke kedutaan Russia di Indonesia atau di Imigrasi tempat mengeluarkan Invitation Letter saya). Petugas itu bertanya lagi, karena kami ada berempat, dia bilang how many people???… Saya bilang: just me.

Kamipun diperbolehkan langsung menuju ke tempat pengambilan bagasi. Unik sekali bandara ini, karena saya liat kiri-kanan tidak ada trolley. Barang-barang kami sutumpuk apa lagi duzz bawaan saya sendiri, bisa gawat klo diangkat sendiri. Seperti biasa mengeluarkan jurus jutu… yaitu bertanyalah kepada orang yang tepat… saya langsung menyampari petugas bandara yang mengawasi bagasi namun yang masih muda dan masih cewek, lalu bertanya where I can get the trolley?? She said: wait just a minute: I will get the trolley outside.

Sambil menunggu semua barang-barang terkumpul, tiba-tiba gadis itu muncul dan memberikan trolley kepada saya. Saya langsung mengatakan Thank you spaciba!

Kami langsung menuju ke keluar namun masih melewati scanner barang lagi tetapi karena petugasnya sudah malas nyeken (bahasa kerennya) maka barang-barang bawaan kami sudah tidak perlu di scan lagi katanya.

Pas di pintu keuar sudah ada dari pihak kedutaan yang menjemput, yakni tim dari Sekolah Indonesia Moscow. Ibu Eka, Pak Ulil dan Pak Rinoldi.

Alhamdulillah finally sampai juga di Moscow.

Moscow, 22 Sept 2013.

Posted on 22 September, 2013, in A Russia and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

