Mampir di SIM Mengajar PBL 23-25 Sept 2013

Hari Pertama 

Terbagun pukul 05 Pagi karena bunyi alarm, langsung cepat-cepat mandi supaya belum banyak orang yang mengantri untuk Mandi pagi. Tenyata oh ternyata sampai pukul 08 pun cuma kami ber empat yang mandi, sisanya yang tetangga di kamar lain yang entah darimana tidak mandi hanya cuci muka saja dan langsung berangkat kerja/keluar.

Dari Capital Hostel kami bergegas menuju Sekolah Indonesia Moskow (SIM) yang letaknya satu area dengan KBRI Moscow di Jalan Novokuznetskaya 12 Ulitsa, suhu udara waktu itu sekitar 7-8 derajat Celcius & angin kencang yang bisa membuat muka pucat (Untuk Lip Balm sudah tersedia di dalam tas). Sesampainya disana, langsung mengecek komputer dan ketemu dengan kepala Sekolah SIM Bpk Sugiarto. Setelah selesai lalu kami dibawah ke ruangan Bpk Yul Edison (Pensosbud di KBRI) serta menyerahkan Pelakat dari SEAMOLEC. Lalu pembukaan Acara workshop langsung dibuka oleh Pak Yul sendiri diruangan Meeting KBRI yang disaksikan juga di Banjarmasi melalui Streaming.

Workshop di lanjutkan di Ruang Guru SIM dan dihadiri oleh 10 orang peserta termasuk dau orang dari Russia yang mengajari di SIM. Pembahasan dan Reviw mengenai PBL, sharing pengalaman di beberapa negara dan membuat group dalam membuat Program PBL yang harapannya akan diterapkan kepada siswa SIM.

Hari Kedua

Worskhop hari ini diisi dengan kegiatan teknis mulai dari pemanfaatan Edmodo, Pembuatan Video Pembelajaran menggunakan SOM. Semua peserta sangat antusias dalam mengikuti pelajaran ini dengan harapan setelah pelatihan mereka dapat menerapkan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
Setelah selesai acara Workshop kami pulang ke Hostel tetapi menuju ke tempat makan dulu karena sudah kelaparan, saya lupa namanya, tetapi letaknya di kompleks Menara Kantor Kementrian Luar Negeri, Federasi Russia. Karena Star Buck yang diujung gang tersebut tidak menyediakan Smoking Area maka kamipun pindah di Hard Rock Cafe, waktu itu Hujan rintik-rintik dan payung pun belum ada🙂.

Hari Ketiga

Hari ini merupakan hari terakhir mengajar di SIM, hari ini ditambah lagi dengan pembuatan Buku Digital menggunakan Sigil dan Pemanfaatan Readium sebagai viewernya di komputer. Semua hasil yang dibuat oleh para guru, kami minta untuk dipresentasikan dan diberi sedikit review dan di share di Edmodo. Sebelum penutupan kami berfoto bersama dengan siswa dari SIM lalu diakhiri dengan penutupan oleh pak Sugiarto (Kepala Sekolah SIM).

Posted on 23 September, 2013, in A Russia and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: