My First Class of Russian Language (факультет подготовки – Fakultas Persiapan)

Tanggal 1 Oktober selalin hari bersejarah bagi Negara Republik Indonesia, hari ini juga sangat bersejarah bagi saya, karena hari ini pertama kali saya belajar bahasa Russia dengan seruis, ada pembimbing/dosen, ada kelasnya, ada bukunya, ada papan dan kapurnya serta bernar-benar mendengar suara asli bacaan dari huruf-huruf Cirylic langsung dari penuturnya.

Dalam kelas ini hanya tiga orang yaitu saya sendiri, Li vo, dan Zeng qian plus dosennya, jadi totalnya kami berempat. Katanya dua minggu lagi baru ketambahan dua orang dari China (semoga mereka cepat datang sehingga makin ramai kelas kita). Kelas kami walaupun hanya tiga orang muridnya, tetapi sangat ramai bahkan seperti kelas 7-10orang.

Kelaspun dimulai pukul 12:00 hingga pukul 16:00, kami belajar dua buku bahasa Russia yang telah kami beli dan tidak ada keterangan bahasa inggrisnya sama sekali. Namun pelajaran ini seperti pelajaran anak TK atau SD kelas 1, sehingga kami cepat paham, karena langsung dicontohkan dan banyak gambarnya. Kami juga diajari membaca gaya Russia, bagaimana menulis huruf alfabet-nya, mulai dari huruf balok, huruf classic, huruf besar-kecil, dan huruf sambung. Kami diberi notebook (тетрадь – tetrad) untuk mulai menulis, kemudian diberi pemahaman arti buku antara (тетрадь – tetrad) ,  (учебник – uchebnik) dan (книга – kniga).

Pelajaran pertama (урок 1 – Urok Adyin) berlangsung, mulai dari mendengarkan, mengulangi, membaca dan menulis. Walaupun kombinasi bacaan huruf Cyrilic daibolak balik tetapi paling bagus pelafalnya memang dari negara Indonesia, karena lidahnya sudah fasih dengan kata-kata. Ada hal yang menarik di dalam kelas yakni kami harus mengajari si Li vo dan zeng qian yang dari china untuk mengucapkan huruf “R”… karena mereka selalu bilang “L”… sampai dibilang DRUUNN DRUNNN DRUNN suara motor berbunyi… tetap aja jadi DLUNNN, DLUNN, DLUNN🙂🙂🙂 sampai waktu habis pun tetap aja bunyinya EL EL L L L.

Hari itu sempat kami diuji untuk menulis kata-kata dalam bahasa Russia dengan mengikuti apa yang sudah dituliskan oleh dosen kami. Akhirnya berhasil juga menulis kata-kata-nya walaupun huruf sambungnya masih amburadul, serta mendapatkan tulisan Harasho dari Ibu Dosen kami.

Ouppss, jangan senang pulang dulu, ada PR yang harus dikerjakan, yaitu menghafal kata-kata di Urok Adyin dan kemudian setelah pertemuan berikutnya di test dengan cara diucapkan oleh Ibu Dosen, dan kita menuliskan apa yang diucapkannya…

Bersambung…

Sajarwo Anggai

PhD Candidate, Saint Petersburg State University
Peterhof, 1 Oktober 2013.

Posted on 1 October, 2013, in A Russia and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: