Kondektor di Bus (Avtobus) Russia

Hari ini, perkuliahan dimulai pukul 11:00, tentu saja dengan materi yang baru baik tentang pertanyaan, cara bertanya, perbedaan antara masculine, feminine dan neuter. Juga pengenalan beberapa kata baru dan kombinasi antara kata-kata tersebut, serta mengenalkan keluarga kita dengan bahasa Russia. Setiap sesi selalu saya record menggunakan mobile phone saya untuk mempermudah saya dalam mempelajari ulang materi-materi yang dijelaskan saat pulang ke dormitory.

Kelas kami pun diakhiri pikul 14:00 karena kedua teman ku dari China ingin membuka Rekening di Сбербанк России (Sberbank – Bank ini merupakan bank terbesar di Russia). Kami pergi ke Raketa di Peterhof sekalian mencari pengisian pulsa disana, pulsa disini diisi sendiri oleh pengguna menggunakan mesin yang tersedia di supermarket atau tempat-tempat umum.

Setelah itu kami pulang dan naik Bis 210 dari Abtovo Stantsia menuju Universitet. Namun yang unik di dalam perjalanan ini, setelah saya sadari bahwa Bus yang sering kami naiki ini seperti Trans Jakarta jika di Indonesia, namun kondektornya adalah nenek-nenek (rata-rata diatas usia 40 tahun). Kondektor ini disediakan tempat duduk sendiri di dalam Bus yang tidak boleh di duduki oleh penumpang. Selain itu mereka akan berkeliling menagih bayaran dan menukarkan karcisnya seharga 25Rub, kadang-kadang ada penumpang yang menggunakan kartu langganan jadi tinggal di dekatkan kartu langganan tersebut ke alat sensor yang dipegang-pegang oleh kondektor tersebut.

Ada hal lain yang menarik dalam hal transportasi disini, jika ada orang dari belakang yang ingin membayar ia bisa minta tolong ke penumpang di depannya untuk membayarkan ke kodektur atau sopir, dan jangan khawatir karena pasti uang yang sampai di tangan kita tidak akan kurang. Selain itu juga pernah ada penumpang dalam bus membayar kurang dari harga bilet ke sopir, maka penumpang lain berinisiatif untuk meminta uang sukarela sebagai tambahan, kepada penumpang-penumpang lain yang ada di dalam bis tersebut.

Sajarwo Anggai

PhD Candidate, Saint Petersburg State University
Peterhof, 5 Oktober 2013.

Posted on 5 October, 2013, in A Russia and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: