воскресенье (Hari Minggu) Belajar Bahasa & Standby di Rumah

20131006_152652Minggu ini adalah minggu kedua saya berada di Saint Petersburg tepatnya di Peterhof (Petergof). Hari ini saya memutuskan untuk menghabiskan waktu saya belajar bahasa Russia dan menambah kosakata/hafalan, serta mempelajari kembali apa yang telah diajarkan pada minggu sebelumnya.

Kebetulan cuaca hari ini juga mendung dan kota ini selalu dingin, saya sangat senang/menyukai hal-hal yang dingin seperti ini. Coba saja kalo dinginnya ini bisa dipindah ke Jakarta/Indonesia ya🙂. Hati yang dingin, pikiran dingin, lingkungan dan susana yang dingin, itulah keadaan saat ini di kota yang begitu indah ini (I love Saint Petersburg). Daun-daun mulai beguguran, pohon-pohon mulai kelihatan bentuk aslinya. Sayapun dapat menghafal kosakata dengan cepat karena pengaruh dinginnya Negeri ini.

Tidak terasa hari sudah menjelang sore (18:00) walaupun cahaya biasan matahari masih menyinari karena disini malamnya pukul 20:00 waktu Piterburg. Perutpun sudah mulai keroncongan, apa boleh buat harus meninggalkan pelajaran dulu. Seperti biasa untuk hal masak-memasak kali ini saya memasak nasi (рис -ris) ditemani dengan ceplok telur + masih ada abon buatan Ibuku yang super lezat (Nyamii, nyamiii). Syukur Alhamdulillah hari ini menikmati rezki Tuhan yang maha lezat.
Selama di Peterhof saya hanya sekali makan di Kafe Dormitory, sisanya saya memasak supaya dapat bertahan hidup di negara Beruang Putih ini. Makanpun saya batasi, memang semuanya harus terbatas atau jika kebablasan maka resikonya akan kelaparan di akhir bulan nanti🙂. Seperti kata Alm Ayah: “kita tidak boleh makan sebanyak yang kita inginkan, harus disesuaikan dengan keadaan, jadi makannya terbatas saja / harus dibatasi”.
20131006_180232Saya pikir saya akan gemuk ketika berada di negeri Beruang Putih ini, tapi sepertinya itu tidak akan terjadi untuk sementara waktu, mungkin malah berat badanku berkurang. Tidak apa, saya sudah terbiasa seperti ini sejak dahulu kala, bahkan ada teman-taman saya yang kuliah di negeri ini yang nasibnya lebih parah dari yang saya alami. Jika Anda telah membaca tulisan ini khususunya yang ingin datang kuliah dengan menggunakan beasiswa dan ingin merasakan hidup maka datanglah kesini, ini adalah tempat yang cocok bagi Anda, tetapi jika Anda ingin nyaman maka carilah sekolah di Uni Eropa atau di Amerika🙂. Kota ini sangatalah indah, megah dan banyak museumnya, kuliah disini bakal tidak membosankan dan universitasnya yang luar biasa hebat🙂.

Tetapi itu hanyalah proses perjalanan panjang yang harus kita lalui (untuk kesekian kalinya bagi saya) untuk menuju ke suati titik yang kita cita-citakan.  Tuhan memberikanku nafas itu sudah rezeki buat saya, selalu bersyukur dan berdoa semoga semuanya berjalan dengan lancar serta kembali membangun Indonesia tercinta… amin!

Sajarwo Anggai

PhD Candidate, Saint Petersburg State University

Peterhof, 6 Oktober 2013.

Posted on 6 October, 2013, in A Russia and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

