Russian Ruble and Kopek

Sebetulnya ngak kepikiran untuk membahas ini namun, malam-malam ada mahasiswa mengetuk pintu kamar kami lalu bertanya apakah kalian mempunyai uang Kepek? Saya sangat membutuhkan uang tersebut. Jika ada, bolehkah saya menukar dengan Ruble yang saya punya. Dalam bahasa Rusia kata “uang” selalu dalam bentuk plural (деньги dibaca dyengi).

Mendengar itu, kawanku lalu bilang, ask him if he have kopeks. Lalupemuda itu menyampari saya. Memang saya kebiasaan untuk menaruh uang koin dimanapun saya berada, koin saya taruh di dalam botol entah itu botol aqua, seprite, dll.  Kali ini uang koin Ruble dan Kopek saya masukkan di botol Seprite. Namun mungkin teman kita yang satu ini sangat perlu uang Kopek mending saya kasih aja yang ada di dalam botol, jadi semua kopek yang ada saya berikan kepadanya.  Dia tidak memberitahu uang itu untuk apa, sayapun juga tidak bertanya untuk apa. Coba tebak pembaca yang budiman, kira-kira untuk apa uang Kopek itu, sampai orang itu mbela-belain ngetuk setiap kamar di Lt.6 ???🙂

This slideshow requires JavaScript.

Simbol dari mata uang russia adalah : (руб. / р) dan (коп. / к)

Uang Ruble kertas : 10, 50, 100, 500, 1000, 5000

Uang Ruble koin : 1, 2, 5, 10 dan Kopek : 10, 50,  yang mana untuk 1 Rub = 100 Kopek

Saat tulisan ini dibuat rate Ruble terhadap USD adalah 1USD = 31.79 Rub atau 100USD = 3178.85 Rub. Untuk Ruble terhadap Rupiah adalah 1 Rub = 354.41 Rupiah atau 1000 Rub = 354,413 Rupiah.

Demikian pembahasan singkat saya mengenai mata uang Ruble. Ohh iya menurut feeling saya, uang itu dia gunakan sebagai hadiah kepada pacarnya hehehe🙂.

Sajarwo Anggai

PhD Candidate, Saint Petersburg State University

Peterhof, 19 Oktober 2013.

Posted on 19 October, 2013, in A Russia and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

