Monument to Catherine the Great di Nevskiiy Prospekt

Sore ini, tiba-tiba ada suara ketukan di depan pintu, saya terbangun dan membukakan pintu dan ternyata si Shaw Hao, temanku dari China yang baru saja datang seminggu yang lalu. Ia datang membangunkanku serta mengajak untuk menemaninya ke Nevskiy Prospekt. Saya yang masih setengah sadar, menolak karena sudah sore sekitar pukul 17:00. Namun ia tetap memaksa untuk ditemani, kasihan juga pikurku jika nanti ia nyasar disana.

Baiklah, kamipun bersiap-siap dan naik bus menuju Stasion Metro Avtovo, darisana kami menggunakan metro lalu transit di Technologiskiy Institut, kemudian menuju Nevskiiy Prospekt. Sudah beberapa munggu tidak keluar Dormitori hmm melihat pemandangan di Nevskiiy sangatlah menghilangkan rasa bosan di Dormitori. Arsitektur bangunan yang sangat indah, serta suasana yang dingin dan menggembirakan.

Kami berjalan menuju Gostinyi Dvor (Гостиный двор), namun baru saja di depan bangunan tersebut tiba-tiba disampari Polisi yang sedang berpatroli disana dan diminta menunjukkan dokumen baik Pasport maupun Visa. Saya pun menunjukkan dokumen-dokumen tersebut, namun kali ini si Shaw Hao tidak membawa dokumen itu dan hanya membawa Kartu Mahasiswa (Propusk), wah gawat juga pikirku (yang sedang diperiksa oleh Polisi tersebut). Polisi itu kemudian meminta terus menggunakan bahasa Russia kepada si Shaw Hao, dan Shao Hao pun menggunakan bahasa Inggris untuk menjelaskan bahwa dia tidak mebawa dokumen-dokumen tersebut, tetapi sepertinya Pak Polisi ini tidak paham dengan bahasa inggris dan tetap memina dokumen.

Akhirnya sayapun selalu bilang: Kak eto? Harasho? Harasho? Polisi itu bilang Da Harasho, tetapi ia minta punya si Shaw, sayapun tidak kehabisan akal, saya mengatakan: Mi Izucaem ruzkiy yizik tolka mecyatch, Mii studenti vi sankt petersburski gozudarstvenii universitet, Mii nravistsya zdes gorad, eta harasho gorad i ochen harasho gorad. Ya lyubliu zdes gorad. (Kami pelajar dari Spbgu, kami suka dengan kota ini, kota ini baik dan sangat baik, saya cinta dengan kota ini). Polisi itu, tanpa mempermasalahkan si Shao Hao lagi dan langsung bilang Harasho kalian boleh pergi.  (Di jalan tentunya si Shau Hao sudah ketakutan, dan saya berpesan bahwa lain kali supaya membawa segala dokumen supaya aman jika ada pemeriksaan, untung saya tadi bisa berkata begitu ke Pak Polisnya coba klo tidak pasti kita dibawanya ke pos penjagaan tambah repot lagi).

Kami berkeliling di Mall yang sangat besar itu namanya Gostinyi Dvor (Гостиный двор), lalu berjalan menuju ke Памятник Екатерине II — памятник на площади Островского (Monument to Catherine the Great II – Ploschad Ostrovskovo). Monumen ini dibangun  untuk menghormati Ratu Catherine II pada tahun 1873. Kami singgah istirahat duduk sebentar di taman ini, menikmati dinginnya malam di Kota Piter dan meresapi bahwa inilah hasilnya jika kita bekerja dengan sungguh-sungguh, seperti sekarang ini bisa sampai ke negara Beruang Merah.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menyebrang jembatan dan lagi-lagi melihat pemandangan yang indah (Набережная реки Фонтанки) diatas jembatan Anichkov (Аничков мост, Anichkov Most). Jembatan ini dibuat pada tahun 1841-42 dan direkonstruksi lagi tahun 1906-08,  kami melihat semuanya begitu indah di atas jembatan ini, apalagi dengan aliran sungai Fotanka (Fontanka River) yang luar biasa.  Di jembatan ini terdapat beberapa patung penjinak kuda (The Horse Tamers) yang membuat kamera dan tangan kami memotret dengan sendirinya🙂.

Akhitnya sampai juga di Nevskiiy Centre, masuk sebentar untuk menghangatkan badan, lalu pulang melalui Stasion Metro Ploschad Vostaniya menuju Avtovo. Dari Avtovo menggunakan bus 422 menuju Universitet dan tiba pukul 22:10 di Obsheshitie.

Sajarwo Anggai

PhD Candidate, Saint Petersburg State University

Peterhof, 7 Nopember 2013

Posted on 7 November, 2013, in A Russia and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: