Metafisika 1 : Socmed seperti cerminan di dalam hati

SOcmed itu layaknya seperti cerminan hati penggunanya, bagaimana tidak? apa yang ia pikirkan ia tuangkan semua atau sebagian ke dalam catatan kecil di dunia maya…memang sih katanya hati orang siapa yang tahu, karena bagaimanapun orang lain mencari tahu tetap saja tidak akan ketahuan, itulah ruang maya/dunia lain/metafisik manusia.

Dalam hal ini sangatlah lucu, jika pikiran dan hati adalah dunia yang tidak kelihatan sepertinya ingin berinteraksi dengan dunia maya yg diciptakan sendiri oleh manusia. Ada ikatan dunia maya metafisik dan dunia maya yg dibuat dari olahan pemikiran manusia itu sendiri(sopftware), ini sebenarnya menunjukkan bahwa sekarang mungkin baru 1-5% apa yg di dalam alam metafisik itu menjelma/menampakkan diri namun lambat laun bisa 40-80% apa yang ada di alam metafisik ingin menyalinkan dirinya ke dunia maya tadi (software), salah satunya socmed. Mungkin butuh 50-100tahun ke depan hal ini bisa saja terjadi.

Beratus2 tahun para filsuf ingin mengorder metafisik dan mengontrol alam fisik, melalui alam metafisik/pikirannya dan hasilnya adalah ilmu yang kita pelajari hingga hari ini. Tanpa adanya alam pikiran (metafisik) tentu saja manusia tidak disebut manusia, tetapi sebesar apakah akal/alam pikiran itu? tiap manusia memperoleh alam itu tetapi mereka tidak saling terhubung, karena jika terhubung maka si objek A dapat membaca pikiran si objek B dan ini boleh jadi dapat menguntungkan/merugikan. Ruang ide ini(metafisik) beberapa direalisasikan menjadi kenyataan dan jadilah dunia terang benderang seperti sekarang ini seiring dengan perkembangan pemikiran manusia dari masa lampau hingga moderen. Namun apakah alam pikiran(metafisik atau alam maya manusia) itu dapat di miror ke alam maya (software)?

Roh/Jiwa/Spirit yang menyatu dengan Raga dan lalu ia dinamakan Manusia. Manusia mulai berfikir tanpa habis2nya, sesungguhnya memorynya tidak akan penuh, jangkauan pikiran yang tidak tergambarkan, tidak seperti proccessor atau hard disk yang dapat diukur kapasitasnya. Tentu saja Aku bersaksi dan mengakui bahwa Allah itu sangatlah hebat, tiada yang hebat selain Dia, Allah yang tidak tampak di ruang fisika (gaib bergaib). Allah yang mengontrol ruang ide/akal/pikiran/mental/hati/dst.

Penyimpanan Data
Munculnya teknologi penyimpanan data (Terra Byte) yg cukup besar dan sudah terjangkau oleh kebanyakan orang, pengolah informasi dan Search Engine yang mulai berkeliaran dimana-mana dan tidak dianggap sebagai barang baru lagi, menjadikan hal di atas menjadi mungkin. Dapat dibayangkan 100-200thn lagi anak yang lahir dengan pemikiran yang sehat akan diberikan wearable devices oleh negara/federasi/kingdom yang menyimpan segalanya mulai dari ia hidup hingga ia berpulang kepada sang Pencipta. Tiap orang misalnya setiap tahun diberi kuota penyimpanan sebesar 1TB, asumsi 100TB/orang/kehidupan. Anggap saja penduduk bumi 10Milyar * 100TB , maka ruang penyimpanan yg dibutuhkan sekitar 1100 YottaByte.

3667c94449d14048ba36d2f1babb06f7Pada masa itu negara berlomba2 membangun teknologi untuk kenyamanan rakyatnya, sistem komputer canggih yang mendampingi manusia seumur hidupnya, membantu setiap permasalahan yg dihadapi individu tsb, menjadikan ia berfikir lebih maju karena kaya akan pengetahuan yg melekat pada dirinya (yaitu chip komputer). Saat ini sebenarnya apa yg saya utarakan itu sudah kelihatan, beberapa manusia sudah didampingi dengan program2 seperti sosial media, mesin pencari, ensiklopedi, kamus, dll, tetapi belum melekat seutuhnya, tingkah laku manusia masih ia catat manual dengan mengupdate status di fb, twitter, menulis di blog seperti yg saya lakukan, mengupload file video ke youtube ttg dokumentasi kehidupannya, menulis manual wasiatnya, masih berkunjung ke bank untuk menyimpan uang, dll.

Perhatikan sejenak si Mark membuat Virtual Reality untuk Fbnya, Google membuat Android supaya handphone(komputer) dapat lebih dekat dengan manusia, ada usaha mengkoneksikan semua orang di dunia dengan internet.org, juga teknologi Augmented mulai bermunculan, pembayaranpun sudah mulai otomatis tanpa membawa uang di dompet, dan segalanya akan dipermuah oleh komputer, suatu otak/chip yang diciptakan manusia melalui buah pemikirannya untuk menjalankan tugas mengelolah dunia maya(software) yang tampak.

Apa yang terjadi nantinya? tentu saja yg terjadi adalah data2 manusia mulai saat itu sangat detail terrekam dengan baik,  pengetahuan manusia, tingkah laku dan isi pikiran/hatinya terhubung dengan jaringan komputer dan private-storage yg dimanage oleh negara (tentu saja ada yg mengatur dan menjamin). Dunia maya(software) yang nampak, merupakan salah satu penjelmaan dari alam metafisik/pikiran/hati di eraku.

Replikasi
Data dan informasi ini selain disimpan di bumi juga akan di mirorr ke server lain yang terletak di Bulan dan data center 3 yang terletak di Mars. Jangan khawatir, 30tahun yang lalu media penyimpanan sangat besar, komputer seukuran rumah, sekarang tinggal seukuran jari, jadi mungkin 100-500thn lagi 1PetaByte mungkin cuma seukuran SSD sekarang ini. Teknologi processor pun sudah masuk ke 12nm, semuanya akan makin cepat dan murah dan tentunya terjangkau.

Bersambung…

 

*Ingatlah para pejuang IT, bahwa apa yang kita lakukan dalam mengembangkan teknologi saat ini akan sangat bermanfaat untuk generasi yang akan datang (100-500thn ke depan), sekecil apapun itu.

 

Peterhof/Saint Petersburg/Rusia

Posted on 6 April, 2016, in A Russia, Daily, Information Retrieval (IR), Mind. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: