The Scientist -Coldplay, dalam perspektifku

Sudah lama saya sangat senang mendengar lagunya Coldplay yang saitu ini (The Scientist), jika lewat di Foobar pasti akan di repeat berulang ulang sampai tak tentu, telingakupun tidak bosan-bosannya menderanya. Musik yang melalui telinga lalu ke indra pendengaran, masuk ke otak dan memori di kepala, sampai turun ke hati untuk meresapi maknanya yang begitu dalam sesuai dengan pengalaman dari pendengar masing-masing tentunya. Ada berbagaimacam interpretasi dan setiap orang memaknainya case by case. Kehidupan kita yang dipenuhi warna masing-masing akan berbeda dalam mefsirkannya. Salah satunya adalah pemaknaanku sebagai berikut. 

The Scientist

Come up to meet you, tell you I'm sorry
You don't know how lovely you are

I had to find you
Tell you I need you
Tell you I set you apart

Ketika aku memilih dan memutuskan untuk bertemu denganmu, dan kalimat pertama yang kuucapkan adalah I’m sorry, sebenarnya kata-kata itu terucap karena aku takut dan sangat mencintaimu, sedangkan kamu tidak tahu bahwa sungguh menarik, indah, cantik, dan jelitanya dirimu bagi scientist sepertiku. 

Tell me your secrets
And ask me your questions
Oh, let's go back to the start

Katakan kepadaku apa rahasiamu!!! munculkanlah pertanyaan-pertanyaan yang akan membawaku kepadamu, mari kita mulai menengok kembali dari awal dimana pertama kali engkau muncul sedemikian hingga memicu diriku untuk mencarimu.

Running in circles
Coming up tails
Heads on a science apart

Terputar-putar dalam suatu lingkaran tidak tahu kapan akan terbebas dari lingkaran itu, seperti bermain melempar koin apakah yang muncul adalah heads atau tails sama halnya seperti bermain-main dengan bilangan biner, kalau tidak 0 berarti 1 begitupun jawabanku kepadamu. 

Nobody said it was easy
It's such a shame for us to part
Nobody said it was easy
No one ever said it would be this hard
Oh, take me back to the start

Tak seorangpun yang mengatakan bahwa itu mudah, siapa bilang meneliti itu mudah, sekolah dari sd, smp, smk, s1, s2 dan sekarang sedang s3, mendedikasikan hampir setengah kehidupanku sebagai peneliti, menuju jalan kearifan dan kecintaan akan ilmu pengetahuan yang telah diciptakan oleh Sang Maha Pencipa. Sehingga bagiku shame for us to part, alangkah memalukan jika aku yang begitu gila akan ilmu lalu harus berpisah atau dipisahkan dengannya, bagiku ilmu adalah melekat tanpa sekat di alam sadarku.

Tak seorangpun yang mengatakan bahwa itu mudah, tak seorangpun yang pernah mengatakan bahwa sebenarnya kuliah s3 itu sesulit, berbelit belit, dengan berbagai pelajaran dan proses admistratif seperti ini.  Ohhh,,, jika memang aku bisa berbicara lantang, aku ingin berkata bawalah aku ke awal, yakni awal dimana aku dapat menelusuri apa yang sedang aku teliti, membuat pikiranku menjadi lebih runtut dan mendalam sampai ke dasar.

I was just guessing
At numbers and figures
Pulling the puzzles apart

Dalam keadaanku, aku selalu menebak dan mengira-ngira dengan menggunakan akal sehat, layaknya matematika yang selalu menunjukkan kebenaran, kode program yang selalu ku tulis yang sebelunya sudah aku kira-kira hasil outputnya, berdasarkan angka-angka perhitungan dan gambar serta gambaran yang ada dibenak ini. Menarik suatu puzzle atau teka-teki agar dapat dipilah-pilah, memilah bidang pengetahuan apa yang telah dan belum, untuk kemudian diselesaikan satu persatu.

Questions of science
Science and progress
Do not speak as loud as my heart

Pertanyaan-pertanyaan yang ilmiah mulai ku rumuskan, kenapa begini, kenapa begitu, apa penyebabnya, bagaimana itu dapat terjadi, dimana bidang yang akan diteliti, kapan akan itu dimulai, yang mana seharusnya, menanyakan hingga ke akar-akarnya. Ilmu pengetahuan dan kemajuan terutama dibidang teknologi yang membuatku gandrung dan makin terkesima.  Namun,,, namunn,,, ternyata penelitian itu tidaklah secepat detak jantungku atau keinginan hatiku, butuh waktu bertahun-tahun, bahkan generasi ke generasi untuk terus menemukan pengetahuan ilmiah ini, pengetahuan yang terus berevolusi dari masa ke masa.

Tell me you love me
Come back and haunt me
Oh, and I rush to the start

Katakanlah wahai ilmu bahwa engkau juga mencintaiku, datanglah lagi untuk mencariku dan menghantuiku disaat aku mulai tengegelam dalam kesengsaraan dan kefrustasianku. Aku harus bergegas ke awal untuk menyelesaikan yang akhir mengenai apa yang sudah kumulai dan kuteliti, aku dan kamu ohh,,, sang ilmu.

Running in circles
Chasing our tails
Coming back as we are

Terputar-putar dalam suatu lingkaran tidak tahu kapan akan terbebas dari lingkaran itu, seperti tails yang muncul tadi, alias nol besar ataukah perlu diperjuangkan dan dipertahankan terus, sepertinya aku yang mengejar-ngejar tapi ternyata yang dikejar adalah tails (p****t) tadi, hatiku lalu berkata ayolah kembalilah seperti ketika kita dahulu kala tidak peduli apakah itu heads atau tails selama itu tentang ilmu apapun akan kulakukan demi generasi berikutnya dan demi kemajuan bersama.

Nobody said it was easy
Oh, it's such a shame for us to part
Nobody said it was easy
No one ever said it would be so hard
I'm going back to the start

Sekarang aku seperti kembali ke awal saat aku mulai menuliskan tema penelitianku untuk aku pertahankan pada saaatnya tiba. Aku masih selalu ingin ke awal seperti jabat erat kita, kesepakatan kita, bahwa aku akan mempelajarimu lebih dalam untuk menemukanmu, lebih mencintaimu lagi, dan sebagai pengetahuan baru di dunia ini. Pengetahuan ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan oleh penelitinya. 

Ohh para peneliti muda, berjuanglah, kerena ilmu patut diperjuangkan!!!

 

Salam hangat.
Peterhof, Saint Petersburg, Russia.


		

Posted on 24 April, 2016, in A Russia, Daily, Mind, Virtual Museum and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

