Rumah Masa Depan ==> Smart Home

Mungkin efek dari kebanyakan nonton film yang canggih sehingga di benak ini dari dulu selalu membayangkan punya rumah sederhana namun dengan kesederhanaanya ia difasilitasi dengan kepintaran, kalau istilah trendnya adalah Smart Home, menurut Fagui Liu & Wei Guo : “The ultimate goal of the Smart Home System is to improve people’s life quality and enhance people’s living standard. Householders/users are able to know and manage the home situation at anytime from anywhere.”.

Banyak yang bermimpi punya rumah seperti itu, mungkinkah kita dizaman sekarang mulai ke arah sana? jawabnya tentu saja, beberapa peralatan sekarang sudah banyak beredar di pasaran dengan harga yang relatif murah, termasuk energi alternatif seperti solar panel (panel tenaga surya), Internet sudah merajalela di Indonesia, dan ditambah lagi dengan proyek palapa Ring akan mengcover seluruh Nusantara.

Apakah anak-anak Indonesia telah mengembangkan system semacam itu? Ya, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta para mahasiswanya telah mengembangkan project kecil-kecilan untuk menangani hal-hal besar terkait dengan aplikasi Smart Home ini. Di Indonesia sendiri yang trend saat ini adalah Smart City dan selanjutnya mungkin akan ke Smart Home. Memang dari segi bisnis di Indonesia belum banyak pelaku yang fokus dibidang tersebut, kalaupun ada mungkin tidak terlalu terkenal, namun di tahun tahun mendatang ketika project Smart City sudah dianggap sebagai pembicaraan lama, itu artinya Smart Home yang akan menjadi trend.

Ingat bahwa dibawah tahun 2005 hanya beberapa orang saja yang memiliki Mobile Phone, namun tahun 2015 rata-rata orang Indonesia telah memiliki Smart Phone. Perkembangan teknologi dalam kurun waktu sepuluh tahun begitu pesat. Artinya menurut pendapat pribadi saya tahun 2025 adalah zamannya Smart Home, manusia akan dibantu oleh teknologi, tidak ada lagi di dunia moderen ini yang melakukan pekerjaan manual untuk hal-hal yang besar, karena jika itu manual, percayalah bahwa akan lebih banyak kerugiannya (teknologi hadir untuk mempermudah manusia). Percaya atau tidak kita lihat saja lagi tulisan ini setelah tahun 2025, semoga WordPress waktu itu masih ada dan akun ini masih aktif.

Ohh iya selamat hari buruh internasional 2016.

Salam dari Peterhof, Saint Petersburg, Russia.

Posted on 1 May, 2016, in A Russia, Daily, Mind. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: