SSD

Belum lama ini hard disk laptopku Asus 43SL, sepertinya sudah mulai pincang, digunakan untuk bekerjapun sepertinya sudah tidak nyaman lagi. Muncullah keinginan untuk menggantinya dengan yang baru, namun karena perkembangan SSD yang semakin pesat membuanya menjadi semakin murah per Gb. Memang dari dulu ingin sekali mengganti dengan SSD namun server yang saya gunakan untuk menyimpan data penelitian sudah menggunakan SSD juga, akhirnya dengan kejadian pincang tsb saya memutuskan untuk mencari SSD dengan berbagai pilihan mulai dari Samsung, Crucial, Toshiba, Kingston, AData, dst.

Dengan berbagai pertimbangan lalu saya memutuskan untuk membeli HyperX Savage SSD 240GB (SHSS37A/240G) dengan harga kurang lebih 6300Rub (Rp. 1.3jt) memang jika dilihat kecepatan baca dan tulisnya bisa mencapai R=560MB/W=530MB per detik dengan jenis MLC. SSD ini bisa dibilang sangat handal setelah saya pasang pada laptop jadulku itu yang telah aku beli 5tahun lalu (2011),  semua program disertasiku kembali berjalan normal dan butuh seharian untuk instalasi dan konfigurasi sana-sini, berikut penampakan yang saya lakukan dikomputer sendiri:

Iseng-iseng pakai CrystalDiskMark v5.1.2 untuk melakukan testing R/W pada SSD tsb, berikut juga referensi dari web tetangga mengenai HyperX Savage dengan maksimum 306T untuk penulisan di SSD tersebut sebelum akhirnya siap2 untuk tewas atau mengalami kerusakan…lumayan juga asal kita tahu cara merawatnya pasti akan memakan waktu yang lama untuk merusak SSD tersebut, sayangnya saya berencana untuk merusak SSD tersebut mungkin hanya dalam waktu hitungan bulan karena terkait penelitianku yang membutuhkan baca tulis terus menerus dalam waktu yang tak terbatas, namun hal ini mungkin bisa saya paralel dengan server internet yang sekarang sedang on di muntoi.com, semoga bisa bertahan minimal 6-12bln (semoga!!!), saya masih mempunyai rencana lain untuk membeli ssd namun yang kapasitas 120GB untuk ujicoba juga dalam memaintenance index virtual museum yang sedang saya kembangkan bersama profesorku di saint petersburg state university mengggunakan Go Programming Language, lagi2 ujicoba dan bukan dipakai untuk kebutuhan sehari2 tetapi lebih dikhususkan utuk penelitian. Mungkin sudah takdir sudah 6bulan ini saya memimpikan untuk mengganti harddisku ke SSD dan akhirnya tercapai juga, kita yang berencana dan ujungnya hanya Dia yang mementukan.

Bagi kalian yang sedang mencari SSD carilah yang tipenya MLC supaya awet dengan biaya yang hanya berbeda 100-200rb rupiah. Salam dari Rusia, cuaca yang sedang tak menentu ke arah yang lebih dingin.

Posted on 26 September, 2016, in A Russia, Go Language, Information Retrieval (IR), Virtual Museum and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

