3 November : Mulai dari mimpi benaran hingga Information Retrieval untuk Al-Quran & Hadist

Terbangun dari tidurku yang singkat, bangun2 langsung ngeblog. uniknya dalam tidurku aku bermimpi tentang pertemuanku dengan pak Anies Baswedan, ketika kami berjumpa saya bertanya bapak kenapa ndak bekerja hari ini ohhh ia mengatakan ndk apa2 saya lebih baik disini aja membangun startup bersama kalian. Sayapun dan adiknya menyiapkan tempat/beberes2 dirumahnya di lt.2 untuk menyiapkan tempat bagi anak2 yang akan mengembangkan program, lalu aku tanya lagi bapak ngak ikut rapat (namun dalam mimpiku itu seperti ada yang berbisik bahwa kan pak Anies udah bukan menteri lagi) tapi pak Anies menjawab udah ada perwakilan yang ikut rapat disana.

Ya namanya mimpi kan bisa tentang apa saja, buktinya beberapa waktu lalu alm. guru spiritualku datang ke dalam alam mimpiku, yang mana waktu itu kami mandi di pancuran kali,  ia bertanya apakah pelajaranku sudah sampai mana? lalu tiba2 akupun terhempas ke bawah jatuh ke jurang bawah hingga tengggelam, namun ia mengurulkan tali berwarna putih besar untuk menyelamatkanku, seorang guru yang selalu datang menjenguk muridnya, guru spiritual tanpa batas, dan kami hanya mampu bertemu melalu alam metafisik karena fisiknya sudah tiada, kekuatan luar biasa dari sang Maha Pencipta… lahumulfatheha untuk alm.guruku.

Terkait kegaduhan di negeriku yang akhir2 ini semakin memanas karena masalah agama, memang patut juga kita ambil sebagai pelajaran, saya bermimpi suatu saat jika orang dikalangan kita mencari ayat misalkan Almaidah Ayat 51, maka akan muncul disampingnya penjelasan detail tentang ayat tersebut, relasinya dengan hadist, dan dokumen2 penting lainnya yang sudah terklasifikasi dan ter kluster oleh system menggukan teknik pada information retrieval, sehingga pengguna dengan memasuukan 6200an ayat alquran akan ada penjelasan detailnya dari hadis, para ulama, dst.

Masih teringat ketika negeri tetangga mengakuisisi salah satu hasil kebudayaan negara kita, dan baru dari sana kita mulai melakukan registrasi berbagaimacam kebudayaan di negeri kita. Mungkin begitu juga dengan Al-Quran dan Hadist yang perlu para ulama indonesia klasifikasi dan cluster bersama dengan para pakar bidang IT, sehingga masyarakat tidak perlu mencari lewat google karena penjelasannya yang bias dan selain itu yang punya google juga tidak akan berpihak dan merekapun juga bukan dari golongan kita/bisa jadi informasi yang disampaikan salah, kita protes dengan pejelasan tersebut juga tidak bisa. Suatu saat sistem itu terbentuk maka akan membantu dalam pencerahan umat dengan memanfaatkan teknologi modern.

Semoga besok 4November negaraku tetap aman, dan semua masalah dapat terpecahkan bersama. Oups…….ada lagi yang ketinggalan yaitu pilkada Jakarta, menurutku ketiga calon tersebut semua mempunyai niat baik, dibangun oleh tiga kandidat lebih cepat daripada hanya satu kandidat, dapat dibayangkan jika ketiga kandidat tersebut bergabung bersama dan membangun programnya di jakarta, maka perkembangan di ibukota akan sangat sangat sangat cepat, mungkinkah??? siapapun gubernur jakartanya, ia rela mengajak kedua calon yang tidak terpilih untuk dijadikan walikota di jakarta, mungkinkah???

 

Peterhoft, Russia
3 November 2016

Posted on 3 November, 2016, in Daily, Information Retrieval (IR), MimpiBenaran. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: